Header Ads

Kalian dan Pecahan Eksaltasi



. Kalian dan Pecahan Eksaltasi ...
Charcoal  diatas kanvas
130 x 230 cm
2017
Secara simbolis, keempat subjek laki-laki dengan kepala kaki, kepala mata, kepala yang tertutup awan serta kepala mata, merupakan representasi dari cinta kasih antara sahabat. Hal ini digambarkan dengan keakraban serta gestur tangan yang mengepal dan merangkul salah satu subjek laki-laki yang kepalanya tergambar kepala manusia namun setengah kepalanya tertutup oleh awan. disebelah kanan atas terdapat lampu bohlam sebagai penerang bagi semua yang kelam/gelap.
Jika diartikan secara keseluruhan gambar “Kalian dan Pecahan Eksaltasi” berbicara mengenai cinta kasih manusia dengan teman atau sahabat. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif namun seringkali tidak lebih daripada kepercayaan seseorang yang tidak akan merugikan. Persahabatan seringkali memperlihatkan kecenderungan apa yang terbaik bagi satu sama lain, simpati dan empati, serta kejujuran dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk mengucapkan kebenaran. Sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan terdalam yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong.
Karya “Kalian dan Pecahan Eksaltasi” ini menggambarkan bahwa salah satu subjek laki-laki dalam karya sedang mengalami kemurungan, masalah yang ada dalam dirinya menyebabkan pikiran dan batin tidak tenang sehingga susah untuk dikontrol. Dan saat itulah peran sahabat sangat berarti bagi kelangsungan hidupnya,  saat mata tidak bisa melihat, kaki tidak bisa berjalan, dan tangan tidak bisa meraba, sahabat selalu siap menggantikan dirinya menjadi kaki, supaya temanya bisa berjalan tanpa tersandung lagi, juga menjadi tangan agar dapat meraba dengan benar apa yang akan dipegangnya, serta menjadi mata agar apa yang tak terlihat mampu dilihat kembali dengan sudut pandang baru dan lebih menyegarkan. Sehingga dari ketiga peran temanya itu tersimbolkan dengan sebuah lampu yang juga bisa diartikan sebagai penerangan maupun ide baru atau segar. Sehingga awan mendung yang menutupi setengah wajahnya mulai mata sampai ujung kepala mampu tersibak dan tak ada lagi yang mampu membuatnya suram dan kelam.
            Di sisi lain keberadaan kawan, sahabat, serta lingkungan yang mampu melahirkan ikatanyang saling mengisi dan menghubungkan ide memiliki korelasi dengan kata eksaltasi atau peningkatan hati. Saling melibatkan, entah hal-hal yang berhubung dengan ide dan  berproses kreatif. Dalam karya penulis eksaltasi tak lain adalah keberadaan kaki, tangan, mata, cahaya, keraguan, kebimbangan yang merengkuh tiap sulur-sulur ikatan menjadi sebuah pilihan untuk tetap hidup dan berencana.  

No comments

Powered by Blogger.